sumber twitter mark Bertemu Malaysia di Semifinal Piala AFF U19, Indra Sjafri Justru Sudah Pikirkan Thailand Cetak halaman ini

Bertemu Malaysia di Semifinal Piala AFF U19, Indra Sjafri Justru Sudah Pikirkan Thailand

Ditulis oleh  Didi Yustianto
Diterbitkan di bola

timthumb 2

Hanis Saghara ketika berduel dengan pemain Thailand via topskor

 

Sumber.com - Malaysia yang bermain menghadapi Myanmar di pertandingan terakhir grup B Piala AFF U19 2018 telah berakhir. Tim yang berjuluk Harimau Malaya muda itu mampu menggasak Myanmar dengan skor tipis 1-0. Dengan hasil tersebut, posisi Malaysia yang sempat dikudeta sang lawan di klasemen sementara grup B, akhirnya dengan lantang mampu kembali menempati urutan pertama sementara, Myanmar lolos ke babak semifinal sebagai runner up.

 

Di pertandingan semifinal, Malaysia akan berjumpa dengan tim tuan rumah (Indonesia U19). Laga ini dipastikan akan berjalan menarik, pasalnya pelatih Indra Sjafri sempat mengatakan bahwa dirinya ingin menghadapi Malaysia di pertandingan final Piala AFF U19, akan tetapi takdir membawa kedua negara ini harus bertemu di semifinal.

 

Selain itu rivalitas yang telah melekat di antara kedua kesebelasan ini menjadi bumbu tersendiri yang akan menjamin bahwa jalannya laga nanti akan berlangsung dengan sangat menarik. Pasalnya Malaysia dan Indonesia merupakan negara tetangga yang posisinya saling berdekatan. Permasalahan yang ada di luar sepakbola terkadang seringkali dibawa ke dalam lapangan, sehingga membuat pertemuan dua negara satu rumpun ini berlangsung dengan atmosfer yang memanas.

 

 

Baca Juga: Resmi Dikontrak dengan Durasi 3 Tahun, Egy Maulana Justru Langsung Dipulangkan ke Indonesia oleh Lechia Gdansk

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung Pertandingan Sepakbola 9-12 Juli 2018

 

Jelang bermain dengan tim muda Malaysia, pelatih Indra Sjafri mengaku telah mempersiapkan timnya dengan sebaik mungkin. Kekalahan yang ia terima atas Thailand di pertandingan terakhir fase grup pun telah dijadikan sebagai bahan evaluasi timnya. Kini, sang pelatih semakin matang untuk melihat letak kekurangan serta kelebihan yang dimiliki oleh skuat Garuda Muda.

 

Di laga semifinal nanti, Indonesia U19 pun akan kedatangan sosok pemain baru, Egy Maulana Vikri. Pemain yang baru saja diberikan kontrak profesional selama tiga tahun bersama Lechia Gdansk baru mendapatkan izin untuk bergabung dengan Timnas Indonesia untuk berpartisipasi di turnamen Piala AFF U19 2018, karena sang pemain sudah ikut dilibatkan dalam pertandingan pra musim yang mereka jalani selama beberapa pekan.

 

Jika tidak ada permasalahan berarti, maka pelatih Indra Sjafri bisa saja menurunkan nama Egy sejak menit awal sebagai starting line up Indonesia U19 untuk bermain menghadapi Malaysia. Meski pertandingan semifinal baru akan berlangsung pada Kamis (12/7) akan tetapi pikiran pelatih kepala Indonesia U19 sudah berada selangkah lebih di depan. Indra Sjafri sudah memikirkan kalau timnya bisa berjumpa dengan Thailand di partai puncak.

 

Baca Juga: Terselamatkan, Tim Sepakbola Cilik Thailand Yang Terjebak Dalam Gua Diundang Presiden FIFA Hadir di Final Piala Dunia

Baca Juga: Indra Sjafri Temukan Penyebab Kekalahan Anak Asuhnya dari Thailand

 

Meski begitu, bukan berarti coach Indra meremehkan Malaysia dan menganggap kalau Malaysia akan dengan mudah ditaklukkan oleh pasukannya di babak semifinal nanti. Melainkan sang pelatih ingin membalas kekalahan yang dialami oleh skuatnya di pertandingan fase grup atas Thailand. Kala itu, Indonesia U19 berhasil dikalahkan dengan skor tipis dari Thailand U19. Oleh karena itu, sang pelatih ingin kembali berjumpa dengan Thailand di final dan memberikan kemenangan yang akan dipersembahkan untuk seluruh penggemar sepakbola di tanah air. 

 

Jelang menghadapi pertandingan krusial di semifinal, pelatih yang pernah mempersembahkan gelar juara di turnamen ini pada tahun 2013 bersama dengan Evan Dimas Cs, menjelaskan perbedaan anggota skuatnya di tahun 2013 dengan di tahun ini. Coach Indra menilai bahwa di tahun ini ia tidak terlalu memerlukan untuk mengadakan pemusatan latihan jangka panjang, karena para pemainnya kebanyakan sudah mendapat jam terbang di klubnya masing-masing.

 

"Kenapa waktu itu kita pakai pemusatan latihan jangka panjang, karena saat itu pemain tidak punya wadah kompetisi. Kalau sekarang kita tertolong dengan pemain yang bermain di kompetisi," kata coach Indra seperti dikutip Liputan 6.

 

Laga semifinal Piala AFF U19 antara Indonesia U19 kontra Malaysia akan berlangsung pada Kamis (12/7) malam dan akan dimainkan di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

Baca 472 kali Terakhir diubah pada Rabu, 11 Juli 2018 10:19
Nilai Artikel ini
(0 pemilihan)

Terkini dari Didi Yustianto

Artikel Terkait

Seputar Penulis

Didi Yustianto

I'm the luckiest guy in the world who love football. 

Sports Journalist. Journo Life is 'incredible'.

Situs Web: https://www.linkedin.com/in/didi-yustianto-60a918101/