sumber twitter mark Polo Air Cetak halaman ini

Polo Air

Ditulis oleh  Rendra Wahyudi
Diterbitkan di cabang olahraga

Polo Air

Polo Air via wandhaaprilia.blogspot.co.id

 

  • Informasi

    Sekilas Tentang

    Polo air adalah olahraga bola yang dimainkan oleh dua regu dalam kolam renang. Tujuannya adalah mencetak gol dengan melemparkan blola ke gawang lawan. Atlet laki-laki dan perempuan berlomba dalam olahraga ini. Polo air menuntut keterampilan berenang dan daya tahan bergerak dalam air untuk waktu yang lama.

     

    Masing-masing regu mempunyai 13 pemain, tetapi hanya 7 pemain dari masing-masing regu yang berada di dalam kolam. Selama permainan, pemain tetap di dalam air dan tidak boleh menyentuh dasar dan memegang sisi kolam.

     

    Permainan ini terdiri dari empat babak, masing-masing babak berlangsung selama tujuh menit dengan dua menit waktu jeda. Penjaga gawang adalah satu-satunya pemain yang boleh memukul bola dengan tinjunya atau memegang bola dengan kedua tangannya.

     

    Permainan

    Permainan ini terdiri dari empat babak, masing-masing babak berlangsung selama tujuh menit dengan dua menit waktu jeda. Pada awal masing-masing babak, ditampilkan line-up pemain sesuai dengan posisinya. Wasit melemparkan bola ke tengah kolam dan pemain berlomba untuk mengambilnya.

     

    Regu yang memegang bola hanya mempunyai waktu 35 detik untuk melemparkannya ke gawang lawan. Pengawas waktu mengawasi berapa lama suatu regu memegang bola dan wasit menganggap sebagai pelanggaran jika aturan ini dilanggar. Pelanggaran yang umum terjadi biasanya mengenai lemparan bebas.

     

    Lemparan bebas harus diambil dimana pelanggaran terjadi. Pemain yang melakukan lemparan bebas boleh melemparkan bola ke pemain lain atau menjatuhkan bola ke dalam air dan menggiringnya sebelum melemparkannya. Wasit menganggap sebagai pelanggaran jika pemain mengganggu lemparan bebas atau dengan sengaja memegang/menjaga atau memukul pemain lain.

     

    Pelanggaran dapat menimbulkan hukuman berupa lemparan bebas atau tendangan penalti. Tendangan penalti dilakukan dengan lemparan langsung ke gawang dengan jarak 4 m.

     

    Peralatan

    • Topi
      Masing-masing regu memakai topi dengan warna berbeda; putih untuk regu yang satu, biru untuk regu lainnya, dan merah untuk masing-masing penjaga gawang dari kedua regu. Topi dilengkapi dengan pelindung telinga.
    • Bola
      Bola kedap air yang diisi dengan udara dan berwarna kuning; ukurannya sama seperti bola dalam permainan sepakbola, beratnya lebih ringan 1kg; pemain tidak boleh memegang bola dengan kedua tangan (kecuali penjaga gawang).



    Area Pertandingan

    Kolam yang ideal berukuran sekitar 6 kaki dan dalamnya 20 m sampai 30 m. Penanda warna yang berbeda membantu menandai adanya berbagai zona permainan. Didalamnya terdapat:

    • Wasit
      Petugas yang berwenang melaksanakan peraturan; petugas ini mengawasi pertandingan dan memberi tanda terjadi pelanggaran dengan cara meniup pluit.
    • Hakim Gawang
      Petugas yang fungsi utamanya memutuskan keabsahan gol dan mencatat bola yang melewati belakang garis gawang (sudut).
    • Garis Gawang
      Garis yang harus dilalui bola untuk memperoleh angka; pemain berbaris disepanjang garis itu sebelum pertandingan mulai.
    • Wasit
      Petugas yang berwenang melaksanakan peraturan; wasit mengawasi pertandingan dan memberi tanda terjadi pelanggaran dengan cara meniup pluit; wasit menggunakan tangannya untuk menunjuk dimana bola harus diletakkan untuk kembali bermain.
    • Gawang
      Sangkar terbuat dari jaring yang dipasang pada rangka, terletak dalam air terkait kabel dengan sisi kolam atau terkait dengan dinding. Tim memperoleh angka tiap kali memasukkan bola ke gawang lawan.
    • Penjaga Gawang
      Pemain yang tugasnya mencegah bola masuk ke gawang dan memakai topi merah. Penjaga gawang bermain di posisi belakang dekat dengan permukaan air. Hal ini membuatnya lebih mudah keluar untuk menangkap bola.
    • Area Hukuman
      Pemain yang diberi hukuman oleh wasit harus pergi ke area hukuman yang letaknya dekat gawang timnya. Mereka menunggu sampai diberi isyarat kembali ke permainan.

     

    Teknik

    • Menggiring Bola 
      Pemain berenang dengan tangan terbuka, mendorong bola dengan ombak yang mereka ciptakan didepan mereka. Mereka menggunakan tubuh mereka untuk melindungi bola dari pemain lain. Mereka hanya bisa menyetuh bola dengan satu tangan pada waktu yang sama.
Baca 6510 kali
Nilai Artikel ini
(0 pemilihan)

Terkini dari Rendra Wahyudi

Artikel Terkait

Seputar Penulis

Rendra Wahyudi