sumber twitter mark Mah...Pah...,Yuk Jadi Orang Tua Super dengan Ajarkan Anak Lima Nilai Mulia Ini Cetak halaman ini

Mah...Pah...,Yuk Jadi Orang Tua Super dengan Ajarkan Anak Lima Nilai Mulia Ini

Ditulis oleh  Hanifah Nihayati
Diterbitkan di gaya hidup

 family bg

 Ilustrasi Keluarga/ Sumber : OneThreeOneFour

 

Sumber.com - Bagi orang tua mendidik anak bukanlah perkara mudah, karena ada berbagai rintangan dan masalah yang ditemui silih berganti tanpa kita prediksi. Tapi tahukah kawan sumber, kesuksesan kita mendidik anak dan menjadikan kita orang tua super dapat tercermin dari nilai-nilai yang diajarkan sebagai berikut, seperti dikabarkan IndianaExpress.com.

 

1. Belajar Mendengarkan

 27846 mendengarkan musik bisa membuat anak tahan sakit 084845

Ilustrasi Anak Mendengarkan/ Sumber : Google

 

Benar kata orang jika mendengarkan adalah hadiah terbaik yang dapat kita berikan ke siapapun di dunia. Nah, saat anak dengan baik mempraktikkan nilai ini, dipastikan si anak jadi sosok dengan wawasan luas tentang apapun dan siapapun. Sering kali dari mendengarkan si anak akan mampu mengambil keputusan lebih baik terkait masalahnya.

 

2. Mengemukakan Pendapat dan Pertanyaan

 kekuatan mendengarkan citra property land

Ilustrasi Anak Bertanya / Sumber : Google

 

Jangan pernah orang tua memotong rasa ingin tahu anak yang terlampau besar. Artinya ia memiliki kemampuan kritis terhadap suatu hal, haus akan informasi dan pengetahuan. Itu mengambarkan betapa hebatnya daya fikir sang anak.

 

Alih-alih disaat orang tua tidak bisa menjawab pertanyaan anehnya, usahakan ajak berdiskusi, dan menahan pertanyaan itu hingga orang tua menemukan jawaban terbaik dan tepat.

 

3. Memanfaatkan Energi

Film korea paling sedih Wedding Dress

Ilustrasi Bermian di Alam / Drama Korea Wedding Dress

 

Maksudnya, biarkan si anak memahami energi disekitarnya baik dari alam, udara, atau manusia itu sendiri. Maka sendirinya akan banyak pertanyaan dan pengetahuan tak terhingga yang terserap si anak. Nah, ini bisa dilakukan dengan cara mengajarkan meditasi dan merenung, mungkin agak sulit, tapi tidak ada salahnya mencoba.

 

4. Mudah Memaafkan

28d9a wedding dress 028

Ilustrasi Ibu dan Anak/ Drama Korea Wedding Dress

 

Wah, ini ajaran yang mungkin sangat sulit, karena anak biasanya memiliki ego yang tinggi. Tapi jika nilai ini mampu dikuasai manfaatnya akan luar biasa. Si anak akan mampu mengatur emosi, karena saat batin dan pikiran anak tak mudah memaafkan ia akan mudah sakit.

 

5. Belajar Memberi

ilustrasi memberi dermawan 20151129 130028

Ilustrasi Memberi/ Sumber : Google

 

Nilai yang amat luar biasa, dan sebaiknya ditanamkan sejak kecil, karena tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Maka sesusah apapun keadaan si anak tapi dia sudah bisa memberi, maka ia memiliki jiwa yang amat luar biasa.

 

Jadi gimana mamah papah muda? Yuk, kita jadikan penerus bangsa yang bukan hanya pintar, tapi juga punya nilai luhur sejak kecil.

Baca 246 kali Terakhir diubah pada Minggu, 30 Desember 2018 19:07
Nilai Artikel ini
(0 pemilihan)

Terkini dari Hanifah Nihayati

Artikel Terkait

Seputar Penulis

Hanifah Nihayati

Wanna Be Young Enterpreneur | Journalist | Editor Video Journalist | Editor Film | Young Sineas | Anak dan Kakak Sholehah | Owner @donsflanel