sumber twitter mark Habib Bahar Bin Smith, Betulkah Berdarah Nabi? Cetak halaman ini

Habib Bahar Bin Smith, Betulkah Berdarah Nabi?

Ditulis oleh  Ady Nugraha
Diterbitkan di hukum & politik

bahar 2703c4f9e8339dc414c85aa9f9b8fb0a 600x400

Ilustrasi Via Idntimes

 

Sumber.com - Gelar habib belakangan menjadi perbincangan. Salah satunya adalah karena Habib Bahar Bin Smith menyebut Presiden Joko Widodo sebagai banci. Banyak yang menilai bahwa perkataan tersebut tidak pantas dilontarkan oleh seorang habib yang disebut sebagai keturunan nabi.

 

Betulkah Bahar Bin Smith berdarah nabi?

 

Bahar bin Smith lahir 23 Juli 1985 di Manado, Sulawesi Utara. Ia merupakan anak pertama dari tujuh bersaudara dari pasangan Sayyidh Ali bin Alwi bin Smith dan Isnawati Ali. Pria yang kerap disapa Habib Bule itu memiliki garis keturunan keluarga Hadhrami (darah Arab) yang berasal dari Hadhramaut, Yaman, atau golongan Alawiyyin bermarga Aal bin Sumaith (orang yang memiliki keterkaitan darah dengan Nabi Muhammad).

 

Akan tetapi, tidak semua keturunan Nabi Muhammad SAW adalah habib. Hal itu harus dijabarkan berdasarkan silsilah terlebih dahulu. Hal tersebut dijelaskan oleh Ketua Dewan Pimpinan Rabithah Alawiyah, Habib Zein bin Umar bin Smith. Selain itu, seorang habib harus memiliki akhlak yang baik. Sebab, keteladanan mereka akan dicontoh oleh masyarakat.

 

Tapi saat ini habib seolah-olah menjadi panggilan keakraban. Semua keturunan Rasullulah dianggap habib, padahal tidak seharusnya seperti itu.



"Saat ini justru semakin banyaknya keturunan Rasullulah semua dianggap merata. Jadi, semua keturunan dianggap habib, padahal tidak seperti itu," kata Zein.

 

Ditanya soal Bahar, Zein mengakui bahwa dia berdarah nabi jika mengacu pada silsilah, terlepas dari apa yang pernah dilakukan Bahar.

 

"Ya dia memang habib. Dia memiliki darah (marga) yang sama dengan saya. Terlepas dari apa yang diperbuat, memang kami satu darah," tambahnya. 

 

Selama perjalanan dakwahnya, pria kelahiran Manado, Sulawesi Utara tersebut memang dikenal kontroversial terkait isi ceramah yang bernada provokasi. Salah satunya adalah ceramah yang menyinggung nama Jokowi beberapa waktu lalu.



Polemik ini diawali ketika Bahar Smith melontarkan perkataan bernada hinaan saat ceramah dalam acara Maulid Nabi di kawasan Batu Ceper, Tangerang pada 17 November lalu. Dalam potongan video berdurasi 60 detik yang beredar, Bahar Smith menyebut Jokowi sebagai banci dan menyerukan orang-orang untuk membuka celananya.



Atas dasar ceramahnya tersebut, Bahar Smith dilaporkan ke polisi oleh dua kelompok tersebut pada 28 November silam.

 

Baca JugaPSI Bandingkan Reaksi Grace Natalie dan Habib Bahar Saat Dipanggil Polisi

 

Baca JugaMengintip Koleksi Mobil Mewah Bahar Bin Smith, Netizen Soroti Nopol B 4 HAR

Baca 721 kali Terakhir diubah pada Rabu, 05 Desember 2018 13:40
Nilai Artikel ini
(3 pemilihan)

Terkini dari Ady Nugraha

Seputar Penulis

Ady Nugraha

Seorang pria lulusan Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran. Disamping aktif dalam dunia tulis-menulis, beliau juga menyukai fotografi dan sepakbola.

Facebook: Ady Nugraha