sumber twitter mark Mengulik Sejarah Nama 'Jokowi' yang Berasal dari Warga Perancis Cetak halaman ini

Mengulik Sejarah Nama 'Jokowi' yang Berasal dari Warga Perancis

Ditulis oleh  Endah S
Diterbitkan di hukum & politik

jokowi edit instagram

Capres nomor urut 01 Joko Widodo via instagram/Jokowi.

 

Sumber.com - Perjalanan hidup Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo ternyata tak semulus karirnya di bidang politik. Ia bahkan pernah merasakan pahit getirnya kehidupan untuk dapat meraih kesuksesan.

 

Pria yang lebih akrab disapa Jokowi ini ternyata punya sejarah tersendiri soal nama panggilannya yang kini menjadi populer. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu bercerita, jika sebutan 'Jokowi' pertama kali diberikan oleh warga negara asal Perancis ketika dirinya meniti karir sebagai seorang pengusaha mebel.

 

"Kala itu saya mencari pesanan sampai ke luar negeri dengan mengikuti pameran-pameran mebel. Hasil usaha saya mulai terlihat, kantor tidak pernah sepi dari pembeli. Di sini saya bertemu dengan pembeli dari Perancis bernama Bernard Chene," ujar Jokowi.

 

"Dia yang memberi sebutan Jokowi untuk saya, untuk membedakan Joko Widodo dengan Joko-Joko lainnya yang banyak ia kenal. Sejak saat itulah orang-orang di lingkungan pengusaha mebel mulai memanggil saya Jokowi," sambungnya.

 

Jokowi juga mengatakan, bagaimana kala itu ia sempat merasakan karirnya pada posisi titik terendah sebagai seorang pengusaha. Pasalnya, Jokowi sempat tertipu oleh calon pembeli hingga modal usahanya habis tak tersisa.

 

Menurutnya, kesuksesan yang ia raih saat ini hingga menjadi seorang Presiden tidaklah mudah. Tak banyak yang tahu, mantan Wali Kota Solo ini ternyata pernah tak mempunyai rumah lantaran digusur oleh pemerintah daerah, hingga harus menumpang dan bekerja keras demi bisa menyewa kontrakan. 

 

Bahkan, ayahnya pernah menjadi supir angkutan umum dan Ibunya berjualan di Pasar. Akan tetapi, Jokowi dan keluarganya tak pernah mengeluh dan mencoba bangkit hingga bisa menjalani kehidupan dengan layak.

 

 

Baca 619 kali Terakhir diubah pada Minggu, 14 April 2019 17:00
Nilai Artikel ini
(0 pemilihan)

Terkini dari Endah S

Artikel Terkait

Seputar Penulis

Endah S