sumber twitter mark Ogah Setor LHKPN, Wakil Rakyat Mengaku Gaptek Cetak halaman ini

Ogah Setor LHKPN, Wakil Rakyat Mengaku Gaptek

Ditulis oleh  Ady Nugraha
Diterbitkan di hukum & politik

thumb 513 800 800 0 0 auto 1

Foto: Asumsi.co

 

Sumber.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta anggota DPRD Banten untuk memberikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). DPRD DKI Jakarta menjadi institusi yang tidak pernah melapor. Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta, Syarif, mengaku butuh pendampingan mengisi LHKPN.

 

Dia tidak begitu mengerti teknis pengisian LHKPN tersebut. 

 

"Saya mengatakan sih banyak yang gaptek (gagap teknologi) itu. Saya sendiri gaptek, agak rumit, harus didampingi," kata Syarif saat dihubungi, Jumat (18/1/2019).

 

KPK kemudian mendesak parpol untuk memberikan teguran kepada anggotanya yang tidak setor LHKPN.

 

"Kami minta para pimpinan parpol juga mendorong dan bahkan memberikan teguran, jika ada anggota DPR atau DPRD dari partainya uang belum lapor LHKPN," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah Minggu (20/1/2019).

 

Febri menyebut baha pihaknya telah mendatangi sejumlah anggota DPRD namun banyak yang menyatakan tidak menyetor karena tidak begitu mengerti soal teknologi. Menurutnya, alasan tidak melaporkan harta kekayaan karena tak paham teknologi merupakan alasan yang mengada-ngada.



"Sejumlah DPRD sebenarnya sudah ada yang didatangi dan alasan tidak paham teknologi rasanya mengada-ngada," tambah dia.

 

Lebih lanjut Febri menambahkan bahwa KPK masih menerima laporan hingga akhir Maret 2019. Dia juga menyebut bahwa KPK siap membantu untuk menjelaskan mekanisme pelaporan LHKPN. Di sisi lain, KPK juga telah membuka layanan hotline Call Center 198 untuk mereka yang membutuhkan panduan.

 

"Tapi karena tahun 2019 ini pelaporan masih terbuka sampai 31 Maret 2019, KPK terbuka menjelaskan bagaimana mekanisme pelaporan LHKPN. Silakan hubungi Call Center 198," pungkasnya.

 

 

Baca 392 kali Terakhir diubah pada Minggu, 20 Januari 2019 08:45
Nilai Artikel ini
(0 pemilihan)

Terkini dari Ady Nugraha

Artikel Terkait

Seputar Penulis

Ady Nugraha

Seorang pria lulusan Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran. Disamping aktif dalam dunia tulis-menulis, beliau juga menyukai fotografi dan sepakbola.

Facebook: Ady Nugraha