sumber twitter mark Sepiring Nasi Goreng: Suatu yang Sederhana, Penuh Ragam dan Cita Rasa Cetak halaman ini

Sepiring Nasi Goreng: Suatu yang Sederhana, Penuh Ragam dan Cita Rasa

Ditulis oleh  Irma Christine
Diterbitkan di jalan-jalan & kuliner

nasi goreng taste.com

Sepiring nasi goreng via taste.com

 

Sumber.com – Aroma yang membangkitkan selera muncul dari sepiring nasi yang baru dimasak. Aneka ragam bahan nyatanya tak membuat cita rasa nasi padam. Perpaduan rempah dengan lauk seperti telur, suwiran daging ayam bahkan udang mampu menciptakan pembangkit selera makan. Dikenal sejak abad ke-40 SM (Sebelum Masehi), nasi goreng telah merasuk ke berbagai level masyarakat. Makanan sederhana ini tetap spesial di saat banyaknya olahan makanan lain.

 

Nasi goreng bisa disebut sebagai hidangan nasional tidak resmi dari Indonesia karena popularitasnya. Jajak pendapat yang dilakukan oleh Cable News Network (CNN), sebuah saluran berita kabel di Amerika Serikat menobatkan nasi goreng Indonesia sebagai makanan nomor 2 terlezat di dunia setelah rendang.

 

Berikut tim sumber.com sajikan asal-usul  nasi goreng hingga cara menikmatinya, seperti dilansir theculturetrip.

 

Asal-usul Nasi Goreng

 

Versi awal nasi goreng diceritakan sudah ada sejak abad ke-40 SM di China atau sekarang dikenal sebagai Republik Rakyat Tiongkok. Saat itu, nasi digoreng pertama kali dengan maksud untuk menghindari sisa nasi. membuat beras atau nasi tidak hanya merugikan, tetapi juga tabu dalam budaya China.

 

“Orang China menyimpan sisa nasi mereka dari malam sebelumnya, kemudian menggorengnya di pagi hari agar tidak basi dan dingin. Lalu memakannya untuk sarapan. Mereka juga memasukkan potongan bahan apapun dari menu semalam, baik potongan daging atau sayuran,”.

 

nasigoreng infobdg.com

Nasi goreng via infobdg.com

 

Baca juga: Apa yang Membuat Paris Fashion Week Menjadi Pekan Mode Favorit Dunia?

 

Nasi Goreng Indonesia

 

Memasuki abad ke-10, imigran Tionghoa mulai memasuki Indonesia dan negara-negara Asia lainnya. Mereka membawa serta kebiasaan praktis yang sangat dicintainya-membuat nasi goreng-hingga ke negeri orang. Dalam perjalanannya, nasi goreng menemukan penyesuain baru sesuai bahan komoditas lokal. Hal inilah yang membuat variasi nasi goreng tak terhitung jumlahnya.

 

“Awalnya, orang-orang yang tinggal di pegunungan biasanya melengkapi nasi goreng mereka dengan sayuran. Sementara orang-orang yang tinggal di daerah pesisir akan menambahkan bahan makanan laut ke nasi goreng mereka,”

 

Variasi untuk nasi goreng hingga kini tidak terhitung banyaknya, tetapi bahan dasarnya tetap sama, yaitu nasi, sedikit minyak goreng, dan kecap. Banyaknya rempah-rempah di Indonesia ikut berkontribusi dalam membuat hidangan lebih pedas dan gurih. Ini karena orang-orang turut menambahkan lebih banyak bawang putih, bawang merah, cabai dan lada. Seiring berjalannya waktu, rempah-rempah itu menjadi bagian tak terpisahkan dan sangat umum dalam memasak nasi goreng Indonesia.

 

Perbedaan lainnya adalah soal penggunaan kecap. Penemuan kecap manis di Indonesia pun turut menggeser penggunaan kecap asin yang berasal dari China. Orang Indonesia lebih senang menggunakan kecap manis ketimbang kecap asin. Tak lama, jenis kecap ini menggantikan pemakaian kecap asin, yang akhirnya juga mengubah rasa nasi goreng lebih ‘Indonesia’.

 

nasigoreng resepkoki.id

Nasi goreng via resepkoki.co

 

Baca juga: 3 Destinasi Wisata Ini Cocok Untuk Solo Traveler Pemula

 

Cara Menikmati Nasi Goreng

 

Sebagai hidangan favorit semua orang, nasi goreng dapat ditemukan di mana saja, dari penjual makanan jalanan hingga restoran. Sepiring nasi goreng dari penjual makanan jalanan biasanya dengan harga terjangkau, bisa Kawan Sumber nikamti dengan telur, beberapa acar, dan kerupuk.

 

Ketika mencoba nasi goreng, perlu diingat bahwa variasinya tidak terbatas. Pastikan untuk menjelajahi menu sebelum memutuskan apa yang diinginkan. Apakah itu nasi goreng kambing, nasi goreng seafood, nasi goreng Jawa, atau yang lainnya. Lokalitas lain di Indonesia bagian timur bahkan memilih untuk mengganti kecap manis dengan tomat dan saus sambal, membuat nasi terlihat lebih kemerahan.

Baca 595 kali Terakhir diubah pada Minggu, 18 November 2018 11:03
Nilai Artikel ini
(0 pemilihan)

Terkini dari Irma Christine

Artikel Terkait

Seputar Penulis

Irma Christine