sumber twitter mark Ragam Hias Betawi Cetak halaman ini

Ragam Hias Betawi

Ditulis oleh  Veve Florencia
Diterbitkan di budaya jakarta

Ragam Hias Betawi

Ragam Hias Betawi via cikgumisnah.blogspot.co.id

  • Informasi

    Sekilas Tentang

    Ragam Hias Betawi disebut pula dekorasi gaya Betawi. Ragam hias merupakan permainan geometri. Geometri adalah dasar untuk arsitektur, berbagai ragam hias dan pengenalan dunia simbol. Ragam hias Betawi sudah ada sejak jaman neolitikum. Ketika itu sudah lazim digunakan bentuk cagak.

    Bentuk cagak menjadi ragam hias pada leher periuk tanah. Cagak mengalami pengembangan menjadi bentuk tumpal. Bentuk tumpal dalam kain batik Betawi berbentuk temu tumpal. Bentuk cagak maupun tumpal sebenarnya bentuk lain dari gunung. Bentuk cagak dan tumpal mempunyai arti kekuatan.

     

    Ragam Hias Betawi 2

    Ragam Hias Betawi via lefri-mikhael.blogspot.co.id

     

    Kategori : Kesenian Budaya
    Lokasi : DKI Jakarta

     

    Sumber Referensi

    Buku Seni Pertunjukan Tradisional Betawi oleh Pemerintah provinsi DKI Jakarta

     

  • Fakta Menarik
    • Pada rumah tradisional Betawi diberi ragam hias "gigi balang". Gigi balang diletakkan pada lisplang yang berfungsi memberi keindahan pada rumah. Bentuk lain adala "banji" dengan pola segi empat.
    • Pada masjid Betawi diberi ragam hias temu tumpal dalam berbagai variasi seperti bunga tapak dara, ragam hias lonjong dan mute setengah lingkaran.
    • Nelayan Betawi mempunyai kebiasaan memberi ragam hias pada perahunya. Warna yang digunakan mencolok: merah, jingga, hijau, kuning, dan putih. Kebanyakan melukiskan ombak bergulung-gulung dalam bentuk garis lengkung.

     

Baca 5566 kali Terakhir diubah pada Senin, 25 September 2017 14:31
Nilai Artikel ini
(2 pemilihan)

Terkini dari Veve Florencia

Artikel Terkait

Seputar Penulis

Veve Florencia