sumber twitter mark Anak Kebiasaan Pilah Pilih Makanan, Ini Langkah Pencegahan yang Perlu Dilakukan Cetak halaman ini

Anak Kebiasaan Pilah Pilih Makanan, Ini Langkah Pencegahan yang Perlu Dilakukan

Ditulis oleh  Indoyanu Muhamad
Diterbitkan di kesehatan

Fotolia Picky Eater

Ilustrasi via fotolia

 

Sumber.com - Kawan Sumber memiliki anak yang sering pilah pilih makanan? Bisa jadi sang anak memiliki resiko berat badan kurang atau malnutrisi. Kebiasaan pemberian makanan pada anak sejak kecil juga tergolong mempengaruhi kondisi ini terjadi pada anak hingga dewasa.

 

Anak yang tidak menyukai sayuran ataupun buah atau bahkan susu memang akan berpengaruh terhadap asupan gizi dari sang anak. Menurut dr. Eiyta Ardinasari dalam bukunya mencegah dan mengobati penyakit bayi dan anak terdapat beberapa langkah yang mampu dilakukan orangtua untuk mencegah hal itu terjadi pada anak anda. Berikut 5 langkah diantaranya yang bisa menjadi panduan bagi Kawan Sumber.

 

Baca juga : Membiasakan Anak Menggunakan Hand Sanitizer, Efektifkah Mencegah Sakit?

 

1. Ubah kebiasaan makan yang buruk dengan mengadopsi konsep 4 sehat 5 sempurna

Anak yang picky eater perlu diberi contoh makan sehat untuk keluarga. Berikan contoh oleh orangtua mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Semua zat gizi lengkap harus selalu konsisten tersedia setiap kali makan. Biasakan pula memberikan bekal untuk makan di sekolah konsisten dengan konsep ini. 

 

2. Biasakan untuk makan bersama

Makan bersama biasanya menjadi cara ampuh bagi anak untuk dapat makan dengan baik. Karena dengan makan bersama orangtua akan tumbuh kedekatan emosional. Anak jadi mengetahui bagaimana pola dan cara makan yang baik. Disini juga orangtua bisa mengedukasi anak dengan mengajarkan pola makan sehat.

 

Jika makanan harus dibekal untuk dimakan di sekolah, biasanya juga akan ada sesi makan bersama. Biasanya jika tidak mempan di rumah makan bersama orangtua, dengan bantuan guru atau teman-teman di sekolah sang anak justru akan terpaksa untuk makan yang sudah disajikan orangtua.

 

3. Hindari memberikan makanan selingan atau camilan yang tidak sehat

Terkadang jika belum waktunya makan, anak seringkali mengkonsumsi makanan selingan, camilan atau snack yang tidak sehat. Hal ini mempengaruhi sang anak untuk mengkonsumsi makanan utama. Mengkonsumsi camilan yang waktunya dekat akan mempengaruhi napsu makan anak tidak terlalu semangat memakan makanan utamanya.

 

4. Berikan ASI Eksklusif dan MP-ASI buatan sendiri dengan variasi rasa

Anak yang mendapatkan ASI Eksklusif dari sang ibu dan sang ibu yang memberikan MP-ASI buatan sendiri memiliki keuntungan untuk mendapatkan asupan gizi yang komplet. Masa pemberian MP ASI sangat krusial bagi penambahan berat badan anak. Beri dan kenalkan bagi pada makanan sehat yang lengkap dengan kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

 

Hindari MP-ASI instan karena biasanya rasa asli dari kandungan didalamnya malah tidak sama jika dengan buatan sendiri. Biarkan sejak kecil, anak mengkonsumsi sayuran dan buah sesuai rasa aslinya agar tidak terjadi penolakan ketika sang anak beranjak besar. Variasi menu setiap hari dibutuhkan agar anak tidak lekas bosan.

 

5. Orangtua harus kreatif mengolah bahan makanan menjadi masakan yang disukai anak

Orangtua terkadang agak risih jika harus mengolah makanan dengan tampilan menarik. Namun justru karena menarik inilah anak justru mau mencoba terlebih dahulu dibanding langsung ditolak. Pembuatan makanan yang disukai anak dengan campuran sayuran menjadi peluang bagi anak mengkonsumsi sayuran tanpa diketahuinya.

 

Alih-alih menolak, anak justru akan lahap memakan jika memakan makanan yang disukainya dan tidak mengetahui campuran didalamnya.

 

Baca juga : Kena Penyakit Langka, Wajah Bocah 6 Tahun Ini Jadi Keriput Seperti Lansia

 

Jika sang anak tetap sulit untuk makan, maka konsultasikanlah hal ini pada ahli gizi atau dokter agar masalahnya dapat terdeteksi dengan dini. Tertarik mencoba 5 langkah diatas Kawan Sumber?

 

 

Baca 234 kali Terakhir diubah pada Rabu, 02 Januari 2019 12:39
Nilai Artikel ini
(0 pemilihan)

Terkini dari Indoyanu Muhamad

Artikel Terkait

Seputar Penulis

Indoyanu Muhamad

Chief Editor & Content Sumber.com. Ayah 2 anak yang merupakan penggila sepakbola ini aktif menulis dalam berbagai kesempatan. Menyukai offroad bersama Landrover dan travelling ke berbagai penjuru kota di Indonesia. I Love Indonesia!

Situs Web: https://www.facebook.com/indoyanu