sumber twitter mark Inilah Dampak Nyata yang Ditimbulkan Stres pada Tubuhmu (Bag. 1) Cetak halaman ini

Inilah Dampak Nyata yang Ditimbulkan Stres pada Tubuhmu (Bag. 1)

Ditulis oleh  Ellisa Gunawan
Diterbitkan di kesehatan
Stres dan dampaknya pada tubuh via pad.ae
Stres dan dampaknya pada tubuh via pad.ae

Sumber.com – Stres yang sering kali menyita pikiran dan mental memang sudah menjadi bagian dari hidup kita. Sedikit rasa stres sebenarnya baik, karena stres bisa membuat kita mengambil tindakan untuk memperbaiki keadaan. Produksi hormon stres juga bisa memicu darah mengalir menuju otak, sehingga kita bisa lebih berfokus dalam menghadapi tantangan di depan kita.

Tapi, stres juga bisa menjadi sebuah kondisi yang kronis, dengan dampak negatif serta risiko bahaya yang  dapat memengaruhi kesehatan tubuh. Dilansir dari Prevention, berikut ini adalah sejumlah bukti nyata yang memperlihatkan bagaimana stres memengaruhi kinerja tubuhmu.

1. Stres mempengaruhi pilihan makanmu

Mungkin Kawan Sumber tidak percaya kalau stres bisa membuat seseorang menjadi gemuk. Bukannya orang stres cenderung tidak bernafsu makan, dan karenanya menjadi kurus? Faktanya Kawan Sumber, orang yang stres cenderung kurang bijak dalam memilih makanan, dan pilihan mereka sering kali jatuh pada jenis makanan yang tak sehat (apel versus keripik kentang, kemungkinan besar yang menang adalah keripik).

Keinginan untuk ngemil biasanya dipicu oleh kurangnya produksi hormon dopamin atau serotonin. Jika kita merasa tertekan, kelenjar adrenal akan memproduksi kortisol atau hormon stres. Serotonin di otak pun akan berkurang, dan hal ini memicu keinginan untuk ngemil beberapa jenis makanan yang membuat kita merasa nyaman (seperti makanan yang kandungan karbohidrat sederhananya tinggi).

Setelah makan, insulin dalam darah akan meningkat dan menstimulasi otak untuk merilis serotonin. Suasana hati kita akan terasa lebih baik, namun sayangnya untuk waktu yang tidak lama. Kamu akan kembali merasa lelah dan lapar, dan siklus ini kembali berulang.

Baca juga: Ketagihan Makanan Manis? Kurangi Ketergantunganmu dengan Siasat Berikut Ini

2. Stres bisa memicu perilaku kecanduan

Menurut sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Annals of the New York Academy of Sciences, kaitan antara perilaku ketergantungan (seperti minum-minum dan penyalahgunaan oba) dengan stres ternyata cukup tinggi. Orang yang semakin stres punya kecenderungan yang tinggi untuk menjadi kecanduan terhadap sesuatu, mempertahankan kebiasaan kecanduan mereka, atau malah kembali kambuh (bagi yang pernah kecanduan).

3. Mengganggu waktu tidur

Hubungan ini cukup kompleks. Tantangannya adalah, stres bisa memperparah gangguan tidur dan gangguan tidur itu sendiri juga bisa memperparah kondisi stres.

Kurang tidur bisa berpengaruh terhadap proses pencernaan dan kinerja otak di siang hari.

Baca juga:  Ternyata, Efek Kurang Tidur Sama Seperti Efek Mabuk Karena Minuman Beralkohol!

4. Mengganggu siklus menstruasi

Stres terbukti bisa mempengaruhi produksi hormon manusia. Pada wanita, salah satu aspek yang bisa terpengaruh adalah siklus menstruasi. Stres ekstrem bisa berdampak negatif terhadap produksi hormon yang seharusnya menjaga keteraturan siklus menstruasi normal, serta mengacaukan siklus ovulasi.

5. Stres berdampak pada masalah kesuburan

Bahayanya, stres bisa memperbesar risiko kemandulan hingga dua kali lipat atau lebih pada kaum wanita. Menurut salah satu studi yang dimuat dalam jurnal Human Reproduction, level stres yang tinggi pada wanita dapat menyebabkan wanita lebih berisiko mengalami kemandulan, sekalipun faktor-faktor kesehatan lainnya sudah dipertimbangkan.

Tapi tak hanya risiko kemandulan saja; stres juga bisa mengacaukan jadwal ovulasi wanita (masa kesuburan wanita, periode di mana wanita berpeluang hamil). Dalam hal ini, wanita yang sedang mengalami stres mungkin akan berhenti berovulasi secara temporer. Namun begitu stresnya mereda dan ovulasi dimulai (dan melenceng dari jadwal yang biasa), kehamilan secara tak terduga bisa terjadi.

Hal ini mungkin akan menjadi suatu masalah, jika si wanita tidak berencana untuk hamil.

Baca juga: Tidak Hanya Fertilitas, Jumlah Sperma Juga Menjadi Indikasi Kesehatan Pria Pada Umumnya

6. Stres bikin kita rentan sakit

Stres berdampak negatif terhadap kualitas tidur, kebiasaan makan dan olahraga – dan semuanya adalah komponen yang menentukan kesehatan manusia. Nggak heran kalau stres, selanjutnya, akan membuat sistem imun tubuh melemah, sehingga kita akan lebih rentan terkena sakit.

7. Stres menyebabkan asam lambung, yang bisa berujung melukai pencernaan

Stres yang hebat dan tiba-tiba bisa seketika menaikkan level asam di dalam lambung. Akibatnya adalah rasa nyeri di dada (heartburn), yang juga bisa berujung pada tukak lambung, yaitu luka terbuka pada lapisan lambung.

Baca juga: 8 Cara Alami Mengurangi Depresi, Terbukti Secara Ilmiah!
Baca 353 kali Terakhir diubah pada Rabu, 10 Oktober 2018 15:59
Nilai Artikel ini
(0 pemilihan)

Terkini dari Ellisa Gunawan

Artikel Terkait

Seputar Penulis

Ellisa Gunawan