sumber twitter mark Baking Soda dan 5 Manfaatnya untuk Kesehatan Cetak halaman ini

Baking Soda dan 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Ditulis oleh  Ellisa Gunawan
Diterbitkan di kesehatan
Baking soda via healthline.com
Baking soda via healthline.com

Sumber.com – Soda kue, selain digunakan untuk membuat kue kering, juga diklaim punya manfaat lainnya yang berkaitan dengan kesehatan. Mungkin Kawan Sumber pernah membaca di internet kalau soda kue bisa meredakan sakit perut. Lalu, ada juga yang mengklaim kalau soda kue yang digunakan secara rutin bisa memutihkan gigi.

Sayangnya, banyak dari informasi tersebut yang masih kurang lengkap atau malah tidak benar.

Soda kue memang punya sejumlah manfaat – asal digunakan dengan cara yang benar. Nah, berikut ini adalah deretan manfaat soda kue untuk kesehatan dan kecantikan beserta informasinya, dilansir dari Women’s Health.

Baca juga: Sering Minum Cuka Apel? Waspadai Efek Negatifnya yang Satu Ini

1. Meredakan nyeri dan sensasi panas pada heartburn

Heartburn
merupakan sensasi perih dan panas di dada. Dan, meminum campuran soda kue dan air ternyata sangat efektif untuk meredakan gejala heartburn.

Campuran ini memang sudah sering digunakan selama beberapa dekade lamanya. Pada dasarnya, asam di dalam lambung memiliki sifat yang tentu saja asam, dengan pH kurang dari 7. Soda kue punya pH di atas 7. Saat asam lambung naik ke esofagus dan menyebabkan nyeri, soda kue dapat menetralkan asam tersebut secara efektif.

Tapi Kawan Sumber, campuran tradisional ini bukanlah tanpa risiko. Ada sejumlah kasus medis yang harus dilaporkan akibat mengonsumsi terlalu banyak soda kue. Minum terlalu banyak soda kue memang dapat mengganggu keseimbangan asam dasar dalam tubuh, dan berujung pada penyakit kardiovaskular, pernapasan serta efek neurologis.

Jadi, berkonsultasilah ke dokter atau minum obat sesuai aturan ya.

2. Terbukti menjaga kesehatan mulut

Pasti kamu sudah pernah mendengar kalau soda kue atau baking soda sering dijadikan sebagai bahan pasta gigi. Soda kue memang punya sifat antimikroba yang bisa melawan bakteri penyebab bau mulut, serta mengurangi risiko gigi berlubang.

3. Memutihkan gigi

Menurut analisa meta 2017 dalam Journal of the American Dental Association, perawatan pemutih gigi yang mengandung soda kue terbukti lebih efektif ketimbang perawatan yang tidak mengandung soda kue.

Memang, pasta campuran soda kue dan hidrogen peroksida dapat digosokkan ke gigi agar gigi terlihat lebih putih. Tapi Kawan Sumber, jangan gunakan campuran ini setiap hari ya – terlepas dari apa yang kamu baca, dengar dan simak dari blog maupun video YouTube di internet.

Kedua campuran ini sangat keras jika kamu menggunakannya berlebihan. Gunakan hanya selama tiga hari saja, lalu gunakan lagi saat enam bulan setelah penggunaan pertama untuk menjaga hasilnya.

4. Membersihkan kulit

Banyak blogger kecantikan yang mungkin mengunggah artikel tentang bagaimana soda kue sangat efektif dalam membersihkan kulit. Soda kue memang dapat menyerap minyak dan membantu membersihkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit (karenanya soda kue sering dipakai sebagai bahan sabun pembersih muka atau scrub).

Tapi lagi-lagi, soda kue bisa menyebabkan iritasi yang serius jika terlalu sering digunakan, apalagi jika kulitmu sensitif. Sebaiknya, orang yang menggunakan soda kue untuk membersihkan muka adalah orang yang punya jenis kulit berminyak, dan orang cenderung jarang mengalami masalah iritasi kulit.

Untuk meminimalkan risiko iritasi, kamu bisa menghindari penggunaan soda kue langsung di wajah, dan mencoba sabun pembersih muka di pasaran yang diformulasikan dengan soda kue. Dan jika kamu punya tipe kulit sensitif, pakailah bahan lain kecuali soda kue.

5. Menyerap keringat berlebih

Pada dasarnya soda kue punya sifat yang menyerupai spons (dapat menyerap cairan). Soda kue dapat dijadikan sebagai bahan deodoran alami untuk menyerap keringat. Campurkan soda kue dengan air sampai menjadi pasta, lalu pakaikan di ketiak. Jika malas, kamu selalu bisa membeli deodoran yang memakai komponen soda kue di dalamnya.

Tapi seperti yang sudah kita ketahui, soda kue bisa mengiritasi kulit wajah. Dan hal ini juga berlaku pada kulit ketiak.

Walaupun soda kue bisa menyerap cairan, soda kue tidak bisa menghilangkan bau seefektif deodoran di toko.

Baca juga: Tambahkan Kopi Hitammu dengan Vitamin dan Antioksidan, Begini Caranya
Baca 331 kali Terakhir diubah pada Jumat, 21 September 2018 18:15
Nilai Artikel ini
(0 pemilihan)

Terkini dari Ellisa Gunawan

Artikel Terkait

Seputar Penulis

Ellisa Gunawan