sumber twitter mark Mengenal Penyakit Autoimun Kronis pada Kulit, Psoriasis Cetak halaman ini

Mengenal Penyakit Autoimun Kronis pada Kulit, Psoriasis

Ditulis oleh  Indoyanu Muhamad
Diterbitkan di kesehatan

Psoriasis tennile dashwood

Ilustrasi Psioriasis via twitter/tennile dashwood

 

Sumber.com - Penyakit kulit jangan pernah disepelekan. Meski terlihat tidak membahayakan secara jiwa namun terdapat sebuah penyakit kulit yang tergolong kronis karena menggerogoti autoimun kita untuk melakukan perubahan sel-sel kulit. Penyakit kulit itu dinamakan Psoriasis

 

Dilansir Prevention, Psoriasis adalah penyakit autoimun kronis yang menyebabkan penumpukan sel-sel kulit. Penumpukan ini menyebabkan tambalan kasar yang sering bersisik, merah, dan meradang. Psoriasis dapat menyerang bagian tubuh manapun, tetapi paling sering terjadi di belakang siku dan lutut, juga kulit kepala, punggung, wajah, telapak tangan, dan kaki.

 

Baca juga : Telinga Gatal? Ini Dia 3 Penyebab Umumnya

 

Psoriasis ini merupakan penyakit yang diderita cukup banyak orang di dunia. Sebanyak kurang lebih 125 juta orang secara global terpapar penyakit ini dari berbagai cara. Karena banyaknya penderita penyakit ini, pada tanggal 29 Oktober, ditetapkan pula sebagai hari Psoriasis Sedunia yang digalang oleh National Psoriasis Foundation. 

 

 

Gejala yang mudah terlihat secara kasat mata terkait Psoriasis adalah proses pergantian kulit yang begitu cepat sekitar 2-4 hari. Normalnya pergantian kulit berlangsung 3-4 minggu, ini disebabkan karena sel-sel kulit terbentuk sekitar delapan kali lebih cepat dari biasanya, tetapi mengelupas pada tingkat yang sama dengan kulit normal. Akibatnya, bagian yang terserang akan menebal dan berkembang berwarna merah seperti ruam

 

Menurut American Academy of Dermatology Psoriasis dapat menyerang autoimun kapan saja tidak mengenal waktu namun cenderung pertama kali berkembang di antara usia 15 dan 30 atau antara usia 50 dan 60 tahun. Rata-rata orang yang terkena Psoriasis kulit yang terkena paparan akan berkembang minimal 5% dari seluruh permukaan bagian tubuh.

 

Meskipun Psoriasis mungkin tampak seperti infeksi jamur ruam atau menular, sebenarnya ini merupakan hasil dari sistem kekebalan mengubah cara sel-sel kulit beregenerasi. Kawan Sumber perlu tahu bahwa mitos yang berkembang penyakit kulit seringkali menular langsung jika bersentuhan, namun pada Psoriasis faktanya penyakit ini tidak menular jika terjadi kontak langsung.

 

Baca juga : Benarkah Diabetes Sebabkan Kulit Gatal-Gatal?

 

Apa yang menyebabkan psoriasis?


Secara ilmu kedokteran penyebab Psioriasis belum diketahui secara pasti namun sel darah putih dalam tubuh yang disebut sel T, yang dianggap sebagai bagian dari sistem pertahanan tubuh mengalami sistem yang keliru untuk menterjemahkan bahwa tubuhnya sedang diserang sehingga sel-sel autoimun mulai menghasilkan protein yang menjadikan kulit mengalami peradangan atau inflamasi.

 

Dalam buku Ensiklopedia Penyakit yang ditulis oleh Prof Dr Anies, jika dikategorikan Psoriasis memiliki 8 tipe yaitu Psoriasis eritrodermis, Psoriatik Arthritis, Psoriasis Guttate, Psoriasis Inverse, Psoriasis Kuku, Psoriasis Plak, Psoriasis Pustular dan Psoriasis Scalp. Tipe yang paling umum yang paling banyak diderita 80 hingga 90 persen pasien psoriasis adalah Psoriasis Plak.

 

Sejauh ini pengobatan yang dilakukan terhadap penyakit ini adalah dengan berkonsultasi dengan dokter kulit dan penderita akan diberikan salep oles dan terapi sinar ultraviolet (UVB) untuk mengurangi peradangan dan gatal akibat kulit yang biasanya berwarna merah dan menjadi sedikit bersisik. Jadi, jangan sepelekan gatal-gatal atau pergantian kulit yang terjadi pada Kawan Sumber namun periksakan pada dokter kulit untuk mencegah hal buruk terjadi.

 

Baca 725 kali Terakhir diubah pada Selasa, 06 November 2018 14:11
Nilai Artikel ini
(1 Pilih)

Terkini dari Indoyanu Muhamad

Artikel Terkait

Seputar Penulis

Indoyanu Muhamad

Chief Editor & Content Sumber.com. Ayah 2 anak yang merupakan penggila sepakbola ini aktif menulis dalam berbagai kesempatan. Menyukai offroad bersama Landrover dan travelling ke berbagai penjuru kota di Indonesia. I Love Indonesia!

Situs Web: https://www.facebook.com/indoyanu