sumber twitter mark Rocker Ozzy Osbourne Sempat Terkena Infeksi Bakteri Staph, Begini Gejalanya yang Membahayakan Cetak halaman ini

Rocker Ozzy Osbourne Sempat Terkena Infeksi Bakteri Staph, Begini Gejalanya yang Membahayakan

Ditulis oleh  Ellisa Gunawan
Diterbitkan di kesehatan

Ozzy Osbourne harus menjalani operasi karena infeksi bakteri via metalheadzone.com
Ozzy Osbourne harus menjalani operasi karena infeksi bakteri via metalheadzone.com

Sumber.com –
Bintang rocker Ozzy Osbourne baru saja menjalani proses penyembuhan dari sebuah infeksi bakteri staph mematikan yang memaksanya untuk dirawat di rumah sakit, sehingga tur keliling dunianya menjadi tertunda.

Infeksi ini, kabarnya, menjangkit Osbourne di saat Osbourne berjabat tangan dengan orang lain.   

Dilansir dari Prevention, Osbourne, 69 tahun, menyebutkan kalau dirinya mengalami sejumlah gejala aneh sebelum dirinya dibawa ke unit gawat darurat. Pertama-tama, jempol tangan kanannya membengkak sampai seukuran bohlam. Tapi, dirinya sama sekali tidak merasa sakit.

Saat diperiksa oleh dokter, ternyata penyakit yang diderita Osbourne sangatlah serius dan mematikan. Osbourne didiagnosis mengalami tiga infeksi staph terpisah di jempolnya, dan salah satu infeksi tersebut bahkan telah menyebar ke jari tengah Osbourne.

 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 

I cant wait to get out of here tomorrow, thank you to all of the wonderful Doctors and Nurses taking care of me. #NoMoreTours2 Shows now: Oct 13 - Las Vegas @MGMGrand Oct 15 - @HollywoodBowl Oct 18 - San Diego @MattressFirmAmp Oct 20 - Mountain View @ShorelineAmphitheatre

A post shared by Ozzy Osbourne (@ozzyosbourne) on


Apa itu infeksi staph?

Staph adalah kependekan dari bakteri staphylococcus. Bakteri ini sering ditemukan di kulit atau di dalam hidung, dan orang yang sehat pun juga bisa memiliki bakteri staphylococcus di bagian tubuh mereka. Malah, ada peluang sebesar 30% kalau bakteri staphylococcus saat ini sedang hinggap di dalam hidungmu.

Bakteri staphylococcus tidak selalu berbahaya, dan sering kali tergolong cukup “ramah” dan tidak menyebabkan masalah saat sedang hinggap di tubuh kita.

Tapi, staphylococcus akan menjadi berbahaya jika tersebar ke bagian tubuh lain yang tidak seharusnya, seperti ke peredaran darah, persendian, paru-paru dan jantung. Infeksi yang ditimbulkan staphylococcus bakalan sangat membahayakan nyawa.

Dalam kasus infeksi staph yang diderita Osbourne, dokter menduga bahwa penyebabnya adalah karena jabat tangan yang dilakukan Osbourne pada acara meet and greet bersama fans-nya.

Baca juga: Hindari Risiko Keracunan Makanan Karena Bakteri Salmonella, dengan Melakukan Hal Ini


Gejala infeksi staph yang awam terjadi

Infeksi staph biasanya menampakkan diri dengan memperlihatkan gejala yang aneh di kulit, yaitu inflamasi atau bernanah. Misalnya nih, tangan kamu habis digigit nyamuk dan kamu menggaruk area tersebut dengan jari yang memiliki bakteri staph (mungkin kamu baru saja memegang bagian dalam hidung?). Bakteri staph pada jarimu bisa menginfeksi gigitan nyamuk dan menimbulkan reaksi yang buruk: Gigitan nyamuk yang seharusnya gatal biasa bisa berubah menjadi nanah yang terasa nyeri.

Infeksi staph juga bisa mengubah dan menginfeksi ruam pada kulit – hal ini disebut dengan impetigo.

Bakteri staph juga bisa menginfeksi makanan. Jika demikian, bakteri akan memperbanyak diri dan memproduksi toksin, yang bisa bikin kamu keracunan makanan. Gejala yang ditimbulkan adalah mual, diare dan sakit perut (gejala ini muncul dalam kurun waktu enam jam). Memasak makanan mungkin bisa membunuh bakteri staph, tapi langkah ini tidak dapat menghilangkan toksin yang bikin kamu sakit. Jadi, pastikan untuk membersihkan tangan sebelum kamu mulai mengolah makanan.

Kemudian, pasien yang dirawat di rumah sakit juga lebih berisiko mengalami infeksi bakteri staph yang masuk ke peredaran darah – disebut juga dengan bacteremia. Jika bacteremia terjadi, gejalanya adalah demam dan tekanan darah rendah. Infeksi semacam ini lebih sulit terkontrol karena peredaran darah bisa membawa bakteri menyebar ke jantung, tulang dan organ-organ lainnya. Dari bacteremia, komplikasinya bisa berujung pada pneumonia, infeksi tulang osteomyelitis dan infeksi pada lapisan jantung.

Toksin yang diproduksi bakteri staph bisa terakumulasi dan menyebabkan sejenis keracunan darah yang disebut dengan toxic shock syndrome – gejalanya adalah demam tiba-tiba, muntaber, nyeri otot, sakit kepala, dan ruam di telapak tangan serta telapak kaki.

Bagaimana infeksi staph diobati?

Sebagian besar kasus staph diobati dengan antibiotik dan pengeringan area yang terinfeksi. Tapi beberapa jenis infeksi staph seperti MRSA malah tidak merespons terhadap antibiotik biasa, jadi pasien harus dirawat di rumah sakit untuk diberikan antibiotik melalui selang intravena (IV).

Dalam kasus Osbourne, dokter harus melakukan prosedur operasi pada tangan yang terinfeksi. Pengalaman ini, bagi Osbourne, tetap mengerikan dan terasa sakit, sekalipun Osbourne telah diberikan anestesi lokal. Osbourne juga diberi antibiotik dan harus dirawat selama beberapa hari di rumah sakit.

Mencegah infeksi staph

Cara terbaik untuk mencegah infeksi ini adalah dengan rajin-rajin mencuci tangan, apalagi jika kamu hendak mengolah makanan atau akan mengobati luka terbuka. Jika kamu sedang luka dan luka tersebut terbuka, pastikan luka tersebut dibalut dengan plester, dan jauhkan dari area-area yang berpotensi memiliki banyak bakteri (seperti peralatan gym). Jangan lupa juga untuk mencuci handuk dan seprai ya, dan jaga agar kukumu tetap bersih dan tidak terlalu panjang.

Baca juga: Jantung Juga Bisa Terinfeksi Bakteri, dan Kondisinya Sangat Membahayakan Nyawa




Baca 274 kali Terakhir diubah pada Rabu, 31 Oktober 2018 13:37
Nilai Artikel ini
(0 pemilihan)

Terkini dari Ellisa Gunawan

Artikel Terkait

Seputar Penulis

Ellisa Gunawan