sumber twitter mark BMX Cetak halaman ini

BMX

Ditulis oleh  Rendra Wahyudi
Diterbitkan di cabang olahraga

BMX

BMX via pixabay.com

 

  • Informasi

    Sekilas Tentang

    BMX (sepeda motocross) adalah olahraga menarik, mengkombinasikan keterampilan fisik bersepeda/bersepeda dengan akrobatik. Sesuai namanya, ini adalah lomba yang tidak berada pada jalan beraspal. Bikers lebih banyak menggunakan waktu di udara dari pada di tanah.

     

    Ada beberapa lomba BMX. Lomba track dan perlombaan yang berlangsung di tanah liat yang basah, gaya bebas atau akrobatik yang berlangsung pada tanah datar, berdiri di atas sepeda motocross, berpacu di sirkuit tanah tertutup yang menampilkan banyak lompatan.

     

    Sejak diciptakan pada tahun 1817, sepeda telah menjadi alat transportasi. Pada awalnya, roda depan sepeda berukuran lebih besar daripada roda di bagian belakang. Oleh karena itu posisi pengendara sedikit terangkat dan hal itu sangatlah berbahaya karena sepeda menjadi sulit untuk dikendalikan.

     

    Di tahun1885, J.K. Starley dari Inggris melengkapi sepedanya dengan rantai dan gerigi yang memungkinkan kedua roda berukuran sama. Walaupun lomba balap sepeda sudah diadakan sejak lama tetapi penciptaan sepeda-sepeda baru memicu munculnya lomba balap sepeda sebagai olahraga. Cabang bersepeda dalam ajang Olimpiade terdiri dari empat kelas: Road (jalan), Track, Mountain Biking (sepeda gunung) dan BMX.

     

    Bicycle Motocross (BMX) dimulai pada akhir tahun 1960-an di California, bersamaan saat olahraga motocross mulai populer di Amerika. Anak-anak dan remaja yang mempunyai semangat tetapi tidak mempunyai sarana untuk berpartisipasi dalam ajang motocross, akhirnya mengadakan perlombaan balap sepeda untuk kalangan mereka dengan merancang rintangan serta sepeda mereka sendiri. Mereka bahkan melengkapi diri dengan kostum dan alat-alat pelindung seperti yang digunakan oleh pembalap motocross.

     

    Balap sepeda BMX menawarkan aksi seru dengan harga murah dan dekat dengan rumah. Dapat terlihat dengan jelas alasannya kenapa olahraga ini menjadi populer dengan cepat, khususnya di California. Pada awal tahun 1970-an, sebuah perkumpulan BMX pun didirikan di Amerika. Hal ini resmi dianggap sebagai awal mula dari balap BMX. Seiring berjalannya waktu, olahraga ini pun akhirnya menyebar ke segala penjuru dunia, khususnya di Eropa pada tahun 1978.

     

    Pada bulan April 1981, Federasi Internasional BMX didirikan dan Kejuaraan pertama pun dilaksanakan pada tahun 1982. BMX dengan cepat berkembang sebagai olahraga yang unik dan setelah beberapa tahun, peraturan-peraturan yang ada makin terlihat kesamaanya antara olahraga bersepeda dengan motocross.

     

    Kompetisi

    Perlombaan BMX diadakan di sirkuit seluas 350 m yang didalamnya terdapat banyak halangan dan rintangan. Delapan pembalap akan berlomba dan empat pembalap teratas secara otomatis masuk ke babak selanjutnya (babak penyisihan, perempat final, semi final dan final).
    Kelas : perorangan putra dan perorangan putri.

     

    Perkembangan Sepeda

    Seorang pandai besi dari Skotlandia, Kirkpatrick MacMillan menambahkan pedal dan mekanisme pengungkit untuk mempermudah pengendara mengendarai sepeda. Sebelumnya, pengendara sepeda harus mendorong sepeda mereka dengan kaki. Hal tersebut dinilai kurang efektif untuk dilombakan.

     

    Di tahun 1880-an, sepeda kembali mengalami perkembangan dengan dikembangkannya sistem rantai dan gerigi. Dengan demikian, bentuknya pun menjadi semakin ramping, seperti bentuk sepeda sekarang. Sejak itu, para atlet dan perancang berlomba-lomba untuk membuat sepeda yang bisa berjalan lebih cepat lagi.

     

    Pada Olimpiade pertama tahun 1896, untuk kelas Road Race diadakan di jalur maraton. Para pembalap harus menyelesaikan dua lap dengan total 87 kilometer. Satu abad kemudian barulah para wanita ikut berpartisipasi, yaitu tahun 1984. Dan 12 tahun kemudian, di Olimpiade Atlanta tahun 1996, kelas Time Trial diperkenalkan.

     

    Peralatan

    • Helm Dengan Dagu.
      Helm diperlukan untuk adu kecepatan dan secara luas digunakan dalam lomba yang terdapat banyak halangan dan rintangan.
    • Bantalan Lutut.
    • Bantalan Siku.
    • Pelindung Tulang Kering.



    Jalur Lomba

    Pembalap sepeda mengendarai secepat mungkin di atas tanah liat dan sepanjang rintangan. Mereka tidak pernah berhenti mengayuh. Lomba berlangsung hanya 30 sampai 45 detik. Delapan pembalap sepeda bersaing pada waktu yang sama; empat pembalap dengan catatan waktu paling lambat tersisih.

     

    Taktik

    Pembalap sepeda yang mencapai tikungan pertama di tempat pertama memiliki peluang yang menguntungkan untuk menempati posisi ini guna balapan yang tersisa. Dalam posisi ini, pembalap mempunyai dua keuntungan; tidak ada pembalap sepeda lain dalam lintasannya, dan dapat mengendalikan lomba.

     

    • Dirt competition
      Pembalap melakukan tiga lompatan akrobatik diantara dua gundukan. Empat hakim/wasit menilai lompatan itu menurut tingkat kesulitan dan seberapa baik mereka melakukannya. Pemenangnya adalah pembalap yang dapat mengumpulkan poin terbanyak setelah melakukan tiga lompatan.

    • Tail whip
      1. Pengendara sepeda menambah kecepatan untuk melakukan lompatan tinggi.
      2. Dengan kaki kanannya, ia menyentuh roda belakang untuk memutar rangka sepeda.
      3. Ia menghentikan putaran dengan meletakkan kaki kirinya menurun di atas pedal dan menggunakan kaki kanannya untuk menstabilkan sepeda.
      4. Sepanjang seluruh gerakan, pengendara sepeda tidak pernah mengalihkan pandangan dari titik di mana ia harus mendarat.

    • Tanah Datar
      Keahlian khusus ini memerlukan latihan yang konsisten. Pada area yang datar, pengendara sepeda melakukan satu gerakan manuver akrobatik, atau gerakan sesuai dengan musik yang dimainkan. Mereka dikenakan hukuman setiap kali kaki menyentuh tanah. Peserta dinyatakan lulus jika mampu bertahan selama 2 menit.

      20 peringkat tertinggi berhak mengikuti babak final. Empat hakim/wasit menilai penampilan mereka dan memberikan total penilaian sebanyak 100 poin. Pengendara sepeda dinilai berdasarkan pada tingkat kesulitan gerakan, koreografi dan keselarasan gerak. 

    • Dekade
      1. Sambil mengangkat kaki, pengendara sepeda mengerem roda belakang dan mengangkat stang.
      2. Pengendara sepeda menaruh kaki kanannya di atas rangka untuk memulai gerakan akrobatik.
      3. Dengan meletakkan berat badan sepenuhnya pada stang, pengendara membuat gerakan memutar 360°.
      4. Di akhir gerakan, ia menaruh kaki kirinya di atas rangka dan menurunkan roda.
      5. Akhirnya, pengendara menurunkan kedua kakinya dari pedal.

    • Lintasan Setengah Pipa
      Pengendara mempunyai waktu beberapa menit untuk melakukan gerakan sesuai dengan musik pada lintasan lereng berbentuk U yang dikenal sebagai lintasan setengah pipa. Ada 2 macam gerakan: melompat di atas lintasan setengah pipa dan tepiannya, yang dilakukan di bagian atas ujung lintasan yang landai. Empat hakim/wasit memberi total nilai tertinggi 100, yang di lihat dari tingkat kesulitan teknis, keindahan dan keselarasan penampilan.

    • Jalan
      Rangkaian rintangan mungkin akan dihadapi pada jalanan kota besar, seperti tangga, bangku, dan dinding. Dalam waktu beberapa menit, pengendara sepeda melakukan akrobatik rintangan ini. Hakim/wasit menilai tingkat kesulitan, keaslian dan keselarasan gerakan yang masuk dalam kedua kategori: lompatan dan salto, menggeser sepeda dengan memancangkan kaki.

    • Hempasan Belakang
      Gerakan tarik ini biasanya dilakukan pada kotak akrobatik.
      1. Pengendara mendekati kotak dengan kecepatan tinggi.
      2. Berdiri di pedal, ia menarik stang ketika ia meninggalkan kotak.
      3. Melengkungkan tubuhnya dan melemparkan kepalanya ke belakang, dia membalikkan badannya, menjaga kontak mata dengan tanah.
      4. Matanya menyoroti area pendaratan.
      5. Pangendara mendarat dengan roda depan di zona peralihan.

    • Ketika Anak-Anak Berpura-Pura
      Terinspirasi oleh motorcross, yaitu balap motor di atas trek tanah, remaja yang suka bersepeda mengembangkan sepeda motorcross (BMX). Orang-orang muda yang cerdik membangun trek yang sama dengan yang digunakan dalam lomba motorcross. Untuk membuatnya bahkan lebih menyenangkan, pengendara sepeda mengenakan pakaian yang mirip dikenakan oleh pembalap motorcross.
  • Fakta Menarik
    • Sejak januari 1993, BMX sepenuhnya bergabung dengan Internasional Cycling Union (UCI).
    • Pada tanggal 29 juni 2003, Internasional Olympic Committe (IOC) memutuskan untuk mengikutsertakan BMX pada Olimpiade Beijing tahun 2008 di Cina.
Baca 5429 kali
Nilai Artikel ini
(0 pemilihan)

Terkini dari Rendra Wahyudi

Artikel Terkait

Seputar Penulis

Rendra Wahyudi